Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (2024)

Bagaimana prospek Emas minggu depan ?Setelah kenaikannya yang "mengesankan", Spot Emas sempat turun, Hal ini memicu serangan para Penjualan Teknis yang bahkan mendorong harga XAU/USD di bawah posisi terendah minggu lalu di $1850.

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (1)

Gold (XAU/USD) : Daily Chart

Jumat, 19 November 2021

  • Pasar SpotEmas telah tergelincir dalam perdagangan baru-baru ini di tengah risiko Imbal Hasil jangka-pendek AS yang didorong oleh pidato Fed yang hawkish.
  • XAU/USD menembus ke posisi terendah baru dua minggu di bawah $1850.

Harga Emas spot (XAU/USD) berada di bawah tekanan dalam perdagangan baru-baru ini setelah menembus di bawah support utama dan di tengah kenaikan Imbal Hasil jangka-pendek AS [baca : Short-end US Yields]. Harga Emas yang melonjak minggu lalu di tengah permintaan untuk perlindungan inflasi setelah laporan inflasi AS yang jauh lebih panas dari perkiraan, telah berkonsolidasi dalam sebuah "Pennant Structure".

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (2)

Dalam analisis teknikal, pennant adalah jenis pola kelanjutan yang terbentuk ketika ada pergerakan besar dalam keamanan, yang dikenal sebagai tiang bendera, diikuti oleh periode konsolidasi dengan garis tren konvergenpennant—diikuti oleh pergerakan breakout ke arah yang sama. sebagai gerakan besar awal, yang mewakili paruh kedua tiang bendera. Pola ini dapat terjadi pada tren Bullish maupun Bearish

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (3)

Gold (XAU/USD) : 5-hour Chart

Namun, pada hari Jumat 19 November 2021, Spot Emas menembus ke selatan [Istilah yang dipakai Analis Teknis untuk menunjukkan tren turun suatu Aset Keuangan] panji ini, memicu serangan Penjualan Teknis yang bahkan mendorong harga XAU/USD di bawah posisi terendah minggu lalu di $1850. Setelah mengukir posisi terendah baru mingguan di sekitar $1844, harga sekarang berkonsolidasi tepat di sebelah selatan dari $1850. Pada perdagangan mingguan ditutup di $1845.

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (4)

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (5)

Terobosan teknis ke sisi bawah bertepatan dengan kenaikan tajam dalam Imbal Hasil AS jangka-pendek (serta kenaikan dari posisi terendah di seluruh kurva imbal hasil AS), yang dipicu oleh komentarhawkishpara Pejabat the Fed.

Baca juga :

Imbal hasil 2-tahun turun sebanyak 5bps pada 0,45% pada hari Jumat, tetapi sekarang kembali datar di sekitar 0,50%. Short-end Real Yields juga lebih tinggi pada hari Rabu, dengan hasil TIPS 5 tahun naik 6bps menjadi -1,85%. Yields yang lebih tinggi meningkatkan biaya peluang memegang Logam Mulia yang tidak menghasilkan [baca : non-yielding], sehingga membebani permintaan Emas.

Suku bunga AS yang lebih tinggi memberi dorongan pada Dolar dan imbal hasil obligasi AS, sehingga menurukan daya tarik terhadapEmas dan Perak yang tidak memberikan imbal hasil (non-yielding). Begitu pula sebaliknya.

Dalam hal terbaru dari GubernurThe FedChristopher Waller menyerukan percepatan penurunan QE dan mengatakan bahwa kenaikan suku bunga dapat dilakukan segera pada Q2 2022. Tak lama kemudian, Wakil Ketua FOMC Richard Clarida yang berpengaruh mengatakan bahwa mungkin tepat untuk membahas percepatan penurunan QE pada bulan Desember. Lebih banyak lagi anggota FOMC akan mengumumkan minggu depan pelaku pasar akan bersemangat untuk menilai selera Komite untuk percepatan QE dan kenaikan suku bunga sebelumnya.

Artikel terkait :

Harga Emas: Level Support & Resistance Kunci yang harus diperhatikan

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (6)

Dengan menggunakan alat Technical Confluences Detector menunjukkan bahwa harga Emas melakukan menembuslevel support utama $1.850, yang merupakan konvergensi : dari Pivot Point R2 satu bulan dan SMA-10 satu hari.

Jika batas itu diambil secara berkelanjutan, maka harga Emas akan menguji support minor di $1,847, Fibonacci 38,2% satu minggu. Penurunan tajam menuju titik Pivot Point S3 satu hari di $1,839 tidak dapat dikesampingkan jika dukungan yang disebutkan di atas gagal bertahan. Kemudian Fibonacci 61,8% satu minggu di $1,834 akan menjadi "the line in the sand" bagi para ♉ Bulls Emas ♉.

"The line in the sand" adalah titik di mana, setelah keputusan untuk melampaui itu dibuat, keputusan dan konsekuensi yang dihasilkannya diputuskan secara permanen dan tidak dapat diubah. Contohnya adalah memberikan dana untuk menyelesaikan proyek (sebagai lawan dari penangguhan atau pembatalan); sekali berkomitmen, dana tidak dapat dihabiskan untuk kegiatan lain, dan proyek akan berhasil atau gagal.

Atau, Para Pembeli Emasperlu menemukan pijakan yang kuat di atas sekelompok level resistensi yang padat di sekitar wilayah $1.863-$1.865.Level tersebut merupakan perpotongan SMA-100 satu jam, Fibonacci 38,2% satu hari dan SMA-10 empat jam.

Lebih jauh ke atas, jika Emas mendapatkan momentum yang kuat dari Data-data Perekonomian & data Fundamental pendukung lainnya, maka harga tertinggi minggu sebelumnya di $1,869 akan diuji ulang.

Mari kita cermati Level-level Support & Resistance yang akan dihadapi Emas pada perspektif Harian berikut :

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (7)

Gold XAU-USD : Support & Resistance

Dengan membuat analogi Pertempuran antara ♉ Bulls ♉ vs 🐻 Bears 🐻 dapat kita gambarkan pada gambar diatas. Emas pada $1849-50terdapat pertemuan : 6 Indikator Teknis. Sehingga gengsi antara Trader Bulldan Trader Bears"sedang dipertaruhkan".

Dibawah harga tersebut merupakan level Support Emas, semakin gelap warnanya maka semakin banyak pertemuan Indikator Teknis yang harus di hadapi para Trader 🐻 Bears Emas 🐻 sebagaimana berikut :

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (8)

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (9)


Sebaliknya, diatas harga$1849-50tersebut merupakan level Resistance Emas saat ini, semakin gelap warnanya maka semakin banyak pertemuan Indikator Teknis yang harus di hadapi para Trader ♉ BullsEmas♉sebagaimana berikut :

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (10)

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (11)

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (12)

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (13)

Dapat kita simpulkan secara proposional tanpa menggunakan perasaan yang condong kepada kedua belah kubu,Bulls vs Bears, pada perspektif Harian : para Trader Bulls Emas akan lebih banyak menghadapi rintangan ketika berusaha menaikkan harga Emas. Sebaliknya para Trader 🐻 Bears Emas 🐻 lebih sedikit menghadapi hambatan ketika berusaha menekan Harga Emas.

Oleh karena itu penurunan Harga Emas saat ini lebih ditengarai sebagai akibat "Penjualan Teknis". Demikian yang dapat kami sampaikan kepada.

"Silahkan ikuti Blog kami, untuk mendapatkan informasi lebih seputar Pasar Forex & Saham. Mudah-mudahan bermanfaat."

BLOG INI TIDAK BERAFILIASI DENGAN PERUSAHAAN PIALANG APA PUN, SILAHKAN ANDA BIJAK MENENTUKAN PILIHAN

Indonesian Free Trader

Ulasan Harga Emas Turun Terbaru  Minggu ini : XAU/USD terkoreksi di bawah $1850 [Analisa Fundamental & Teknis, 19 November 2021] (2024)
Top Articles
Latest Posts
Article information

Author: Aracelis Kilback

Last Updated:

Views: 6065

Rating: 4.3 / 5 (44 voted)

Reviews: 91% of readers found this page helpful

Author information

Name: Aracelis Kilback

Birthday: 1994-11-22

Address: Apt. 895 30151 Green Plain, Lake Mariela, RI 98141

Phone: +5992291857476

Job: Legal Officer

Hobby: LARPing, role-playing games, Slacklining, Reading, Inline skating, Brazilian jiu-jitsu, Dance

Introduction: My name is Aracelis Kilback, I am a nice, gentle, agreeable, joyous, attractive, combative, gifted person who loves writing and wants to share my knowledge and understanding with you.